Wednesday, July 02, 2008

GULAI IKAN TONGKOL

Share |


Bahan:
½ kg ikan tongkol , potong2 lalu bersihkan
2 btg serai dimemarkan
2 cm jahe dimemarkan
3 lbr daun salam
2 cm lengkuas dimemarkan
800 ml santan sedang kentalnya

Haluskan:
8 bh bawang merah
4 siung bawang putih
3 cm kunyit
6 bh cabai merah
1 sdm garam
¼ sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus, serai, jahe,lengkuas,daun salam hingga harum. Masukkan ikan tongkol, aduk perlahan supaya ikan tidak hancur.
2. Masukkan santan masak sampai mendidih dan agak berkurang santannya, tambahkan daun kemangi dan asam kandis(asam jawa) bilamana suka, aduk rata,angkat. Sajikan.

2 komentar:

Anonymous 14/7/08  

Hmm Yummy sekali, menggugah selera makan nich. Utk gulai tongkolnya, jika dari kacamataku yg berasal dari Padang ada beberapa 'perbedaan' komposisi di resepnya spt utk lengkuas dan jahe sebaiknya juga ikut dihaluskan, agar bumbunya lebih kaya rasa dan menghilangkan bau amis ikan. Komposisi jumlah utk kunyit:jahe:lengkuas= 1:2:3 (menurut resep warisan keluargaku) agar warnanya tidak terlalu kuning dan utk memberikan warna merah bisa dr cabai merah yg disesuaikan dgn selera suka pedas atau tidak.Perlu juga ditambahkan daun kunyit agar lebih wangi. Daun salam tdk perlu digunakan, biasanya daun salam baru kita pake utk memasak rendang. Penambahan asam kandis sudah mirip dgn yg biasa kita gunakan di padang. Salam, Usi

Asri 15/7/08  

Terimakasih analisanya mbak, semua memang sesuai selera kita masing-masing :)

  © Blogger template 'Perfection' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP